Prajurit Menarmed 1 Kostrad Terima Sosialisasi Green Ramadhan dari DK Wardhani

(Penkostrad. Kamis, 16 Mei 2019). Resimen Artileri Medan (Menarmed) 1 Kostrad menerima sosialisasi Green Ramadhan dari DK Wardhani bertempat di Aula Molilamasi Menarmed 1 Kostrad, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Kamis (9/5/2019).

Sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan hidup yang di hadapi oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Penggunaan produk plastik secara tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah lingkungan hidup yang serius, sampah plastik tidak hanya menjadi masalah di perkotaan tetapi di lautan.

Dampak negatif dari sampah berbahaya, plastik tidak hanya merusak kesehatan manusia, membunuh berbagai hewan yang dilindungi juga merusak lingkungan secara sistematis jika tidak di kelola serius.

Komandan Resimen Artileri Medan 1 Kostrad, Kolonel Arm Rama Hendarto Budiyanto, S.sos, mengatakan bahwa kami tertarik untuk mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari karena kami semua sadar bahwa sampah plastik akan berdampak buruk bagi generasi penerus kami.

Kedekatan TNI dengan lingkungan hidup sudah terjadi sejak Indonesia belum merdeka seperti gerilya Panglima Besar Sudirman. Hutan adalah tempat tinggal kami saat perang, hutan menjadi perlindungan tentara, disiplin tempur tidak akan meninggalkan jejak dan tidak meninggalkan sampah.

“Sampah di Indonesia paling banyak berasal dari rumah tangga, maka dari itu DK Wardani mengajak anggota Menarmed 1 Kostrad untuk mengurangi sampah plastik di kehidupan sehari hari,” tutur DK Wardhani dalam sosialisasinya.

Cara yang dilakukan untuk mengurangi sampah plastik pada saat bulan puasa yaitu dengan cara belanja menggunakan tas pakai ulang, siapkan botol minum untuk berbuka, siapkan bekal untuk berbuka, belajarlah mengompos, takjil minim sampah dan pisahkan sampahmu.

Dalam acara tersebut dihadiri sekitar 100 orang baik prajurit maupun Persit, Kepala Staf Resimen Artileri Medan 1 Kostrad Letkol Arm Wijang Rimoko Ardhani, S.sos, Komandan Batalyon Artileri Medan 1 Kostrad Mayor Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol.

Anggota sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut, dibuktikan dengan banyaknya yang bertanya kepada DK Wardhani terkait sampah. Di penghujung acara, penyelenggara memberikan hadiah berupa tas kain untuk belanja dan botol kemasan isi ulang yang bertujuan agar anggota bisa mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *