Satgas Yonif 755 Kostrad Tembus Sungai Mamberamo, Evakuasi Anak Penderita Malaria

(Penkostrad. Rabu, 12 Juni 2019). Prajurit Satgas Yonif 755 Kostrad bantu selamatkan warga akibat terkendala sulitnya akses kesehatan yang berada jauh dari Distrik Mamberamo Hulu. Selasa (11/6/2019).

Mamberamo Raya adalah salah satu Kabupaten baru yang memiliki daerah yang cukup luas, terdiri dari beberapa Distrik dan Kampung yang letaknya tersebar dan dipisahkan oleh aliran sungai Mamberamo.

Danyonif 755 Kostrad, Mayor Inf Agus Rediyanto, S.E mengatakan dengan kondisi wilayah tersebut tentunya menjadi suatu kendala tersendiri bagi masyarakat khususnya di bidang kesehatan dalam hal transportasi kesehatan saat diperlukan evakuasi,” lanjut Mayor Inf Agus.

Sesampainya di Kampung tersebut terdapat beberapa masyarakat yang mengalami sakit tanpa adanya perawatan seperti halnya Alfianus Baso, anak umur 10 Tahun ini terkena Malaria sudah lebih dari 1 minggu tanpa perawatan dan harus segera di evakuasi.

“Masalahnya adalah tidak semua masyarakat mempunyai perahu pribadi, dengan jarak yang cukup jauh maka biaya untuk sewa perahu pun juga lumayan besar, keadaan seperti inilah yang membuat keluh kesah masyarakat Distrik Mamberamo Hulu,” terangnya.

“Meskipun di kampung-kampung terdapat Puskesmas terpadu, namun hanya dapat membantu pengobatan secara sementara dan terkadang terlambat dalam penanganan karena stok obat terbatas serta fasilitas yang kurang memadai,” tambahnya.

“Bekerjasama dengan Kowil setempat dan dinas kesehatan, Satgas Yonif 755 Kostrad berinisiatif untuk mengunjungi terlebih dahulu salah satu kampung terdekat yaitu Kampung Dorman yang letaknya membutuhkan waktu sekitar 3 jam menyusuri anak sungai Mamberamo,” pungkasnya.

Kedepan Satgas Yonif 755 Kostrad akan terus melaksanakan patroli menuju kampung yang terkendala transportasi guna melihat dan membantu warganya apabila ada suatu kendala dan permasalahan.

Mayor Inf Agus berpesan bahwa kita semua adalah saudara dan tidak ada perbedaan satu sama lain, tujuan kita hadir di tengah-tengah masyarakat adalah baik yaitu untuk membantu meringankan beban masyarakat, menolong serta penyambung lidah antara masyarakat dan pemerintah jika memang dibutuhkan, untuk itu marilah kita sama sama menjaga keamanan untuk NKRI lebih maju dan sejahtera.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *