by

KOARMADA I DUKUNG PENGAMANAN PROSES EVAKUASI 42 ABK WNI MV VIKING ORION.

Jakarta, Nusantaratodays.com-Koarmada I kembali melaksanakan pengamanan evakuasi terhadap 42 ABK WNI Kapal Pesiar MV Viking Orion di dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta, Senin (11/5)

Kapal pesiar MV. Viking Orion berbendera Negara Norwegia, sebelumnya dari Singapura menuju ke Pulau Bali untuk menurunkan 30 ABK asal Bali.

Sekitar 3 hari kemudian, kapal pesiar MV. Viking Orion berlayar menuju Jakarta dan berlabuh di Perairan Teluk Jakarta, menunggu sampai proses perijinannya selesai. Pada hari Senin 11 Mei 2020 dengan pengawasan dan pengamanan langsung oleh Satkopaska Koarmada I, untuk menjamin keamanan dan keselamatan WNI ABK MV. Viking Orion dievakuasi menuju Dermaga JICT II.

Dansatgas evakuasi Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. menyampaikan bahwa ABK kapal pesiar MV. Viking Orion setelah dilaksanakan swab test, akan diisolasi secara mandiri di Hotel Pullman Central Park Jakarta sambil menunggu hasilnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I Laksda TNI Muhammad Ali juga menambahkan bahwa MV Viking Orion merupakan kapal yang ke 9 yang ABK WNI nya dievakuasi di Jakarta dari mulai terjadinya wabah Covid-19.

“Sebelum ABK MV Viking Orion ini sudah tercatat 1276 WNI yang di re-patriasi, dan hari ini bertambah 42 WNI sehingga seluruhnya 1318 ABK WNI kembali ke Indonesia dari kapal pesiar yang mendarat di Jakarta,”

“Semua WNI yang dievakuasi akan menjalani proses sesuai dengan protokol kesehatan dalam menangani pencegahan Covid-19. Dan yang teridentifikasi positif terpapar akan dirujuk ke rumah sakit darurat Covid-19 di Wisma Atlet,” tambahnya.(Muhidin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed