by

KOARMADA I REPATRIASI ABK WNI KAPAL PESIAR MV. ROTTERDAM

Jakarta, Nusantaratodays.com-Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., meninjau proses evakuasi pemulangan ABK Kapal Pesiar MV. Rotterdam sebanyak 342 ABK WNI dan 1 orang WNA Bosnia, di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/6/2020).

Kapal Pesiar MV. Rotterdam berbendera Negara Netherlands, sebelumnya berlayar dari Reunion Francis tujuan Philipina, kemudian menuju Jakarta dan lego jangkar ± 3-4 Nm. Selanjutnya ke-342 WNI dan 1 WNA Kewarganegaraan Bosnia ABK MV. Rotterdam dievakuasi menuju Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara menggunakan tunderboat dibawah pengawasan dan pengamanan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Jakarta Utara, kemudian dilaksanakan protokol kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaan, terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III Jakarta.

Pangkoarmada I selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu dalam Operasi Bantuan Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa 342 WNI ABK MV. Roterrdam akan menjalani Swab Test (PCR) dari Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok dan isolasi mandiri selama 14 hari di Hotel Mercure Hayam Wuruk dan Hotel Mercure Batavia Jakarta. Apabila dari hasil tes ada yang terpapar maka akan dilaksanakan isolasi di Wisma Atlet, dan ABK yang hasil tesnya dinyatakan negatif akan dipulangkan ke daerah asal melalui agen masing-masing. Sementara 1 orang ABK MV. Rotterdam WNA Bosnia dijemput oleh Pihak Kedutaan Bosnia untuk kemudian dipulangkan kenegaranya menggunakan pesawat udara.

“Ini merupakan salah satu tugas kami yaitu melaksanakan evakuasi terhadap repatriasi atau pemulangan WNI yang bekerja di luar negeri dalam rangka penanganan Covid-19, dan ini adalah kapal ke-12 yang telah dipulangkan oleh Tim Satgas Covid-19 melalui di Perairan Jakarta dengan jumlah 3.163 WNI,” ujar Pangkoarmada I.

Kegiatan dihadiri oleh Pangkoarmada I, Danlantamal III, Wadan Lantamal III, Pejabat Utama Koarmada I, Pejabat Utama Lantamal III, Dansat Kopaska Armada I, Dandim 0502/Jakarta Utara, Asosps Kodam Jaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, Kepala Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea Cukai dan Pihak Agen Kapal.(Muhidin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed