by

PERTAJAM FUNGSI INTELIJEN, LANTAMAL XII GELAR PEMBEKALAN PENGAWAK POS TNI AL

Kalbar,Nusantaratodays.com-Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, beserta Pejabat Utama Mako Lantamal XII mengikuti acara pembukaan pembekalan terhadap personel pengawak Pos TNI AL Jajaran Lantamal XII, bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal XII Wajok, Kalimantan Barat, Rabu (24/6/2020).

Tujuan dilaksanakan pembekalan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi Pos TNI AL sebagai pengindera dini dan pengumpul data intelijen maritim, kepada personel pengawal Pos TNI AL sehingga data yang diperoleh dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan. Selain itu, keberadaan Pos TNI AL sebagai mata dan telinga fungsi intelijen, dimana pemilihan pendiriannyapun berdasarkan atas lokasi yang strategis serta pertimbangan eskalasi ancaman yang mungkin terjadi sehingga diharapkan segala sesuatu yang terjadi dilingkup kerja Pos TNI AL bisa diawasi, dimonitor dan dilaporkan secara cepat, tepat, dan relevan kepada komando atas.

Adapun materi yang diberikan kepada pengawak Pos TNI AL yaitu Pengetahuan tentang AlutSista yang disampaiakan oleh Dansatrol Lantamal XII, Kamla (Ops) disampaikan oleh Pgs. Pabandya Ops Sops Lantamal XII, Pengetahuan Intelijen Dasar oleh Pabandya Gal Sintel Lantamal XII dan Pabandya Progra Minprod Sintel Lantamal XII, Potensi Maritim oleh Kadispotmar Lantamal XII, Bidang Hukum oleh Kadiskum Lantamal XII, dan Bidang Komunikasi oleh Pgs. Kasatkom Lantamal XII, serta Pembinaan Personel oleh Aspers Danlantamal XII.

“Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan kepada pengawak Pos TNI AL dapat lebih tajam dalam memberikan informasi, serta lebih cepat, tepat dan relevan melalui staf intelijen yang nantinya diolah oleh staf intelijen sebagai unsur pembantu Komandan Lantamal XII menjadi produk intelijen dalam kaitannya mendukung Operasi Keamanan Laut dan sebagai bahan pertimbangan bagi pemimpin dalam pengambilan keputusan,” ujar Danlantamal XII.(Muhidin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed