by

Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Lanal Babel Laksanakan Latihan Sea Survival dan SAR

Bangka, Nusantaratodays.com-Pangkalan TNI AL (Lanal) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Latihan Sea Survival dan Search And Rescue (SAR), diikuti oleh anggota Lanal Babel bekerjasama dengan Basarnas Provinsi Kepulauan Babel di Mako Lanal Babel Belinyu Kabupaten Bangka, Rabu (24/6/2020).

Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo. S.E., M.Tr.Hanla., mengatakan bahwa latihan yang kita laksanakan ini bekerjasama dengan Basarnas Provinsi Kepulauan Babel akan dilaksanakan secara rutin, disamping itu kita sebagai Prajurit TNI AL wajib memahami dan menguasai pengetahuan untuk penyelamatan di air dan bertahan hidup di air ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Diharapkannya, setelah diadakan pelatihan ini, agar peserta benar-benar memahami dan dapat mengaplikasikannya, maka dari itu kita harus dapat manfaatkan pelatihan ini dengan penuh semangat dan serius,” ujar Danlanal Babel.

“Latihan ini dilakukan setiap triwulan untuk mengasah keterampilan prajurit TNI Angkatan Laut dalam sea survival (bertahan hidup di lautan) dan SAR yang harus dimiliki semua personil. Hal ini untuk pertahanan sekaligus insting dalam penyelamatan di laut,” tambahnya.

Danlanal Babel menambahkan bahwa tugas Angkatan Laut disamping sebagai pertahanan negara sekaligus sebagai pengawas serta mengamati dan membawa perangkat untuk aktivitas di laut, maka keterampilan sea survival dan SAR harus bisa dikuasai agar bisa menolong diri dan orang lain yang memerlukan pertolongan di laut, walau Tim SAR sudah ada.

“Walaupun ditengah masa wabahbCovid-19, TNI Angkatan Laut tetap menjaga dan meningkatkan profesionalisme,” tuturnya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain dari Tim Kesehatan Lanal Babel menyampaikan evakuasi dasar, praktek evakuasi dasar dan penanganan kegawatdaruratan oksigenasi. Basarnas Provinsi Kepulauan Babel menyampaikan materi
Pertolongan di air, Self Rescue dan Sea Survival di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Babel, Palaksa Lanal Babel, Tim Basarnas Provinsi Kepulauan Babel Siswanto (Rescuer Mahir), Yogi dan Perwira staf Lanal Babel serta Prajurit Lanal Babel.(Muhidin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed